Repliee Q1, Wanita Robot Yang Bisa Bernapas


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...




Sepintas lalu ia mirip sekali dengan seorang wanita muda. Gerakan tubuhnya, kedipan matanya, dan caranya bernafas membuat siapapun tidak menyangka bila ia sebuah robot. Namun ketika telah diteliti secara seksama barulah orang menyadari kalau wanita yang sempat dipamerkan dalam World Expo 2005 ini hanyalah android, bukan manusia.

Robot mirip manusia yang diberinama Repliee Q1 ini dikembangkan di Intelligent Robotics Laboratory, Osaka University, Jepang, dipimpin oleh Profesor Hiroshi Ishiguro.

Kulit lembut wanita robot ini terbuat dari bahan silikon. Seperti manusia , Repliee Q1 juga dapat memperlihatkan cara bernapas yang mirip, kendati hanya sekadar gerakan dada naik turun seperti orang bernapas.

Sensor internal membuat wanita robot ini bereaksi secara alami. Ia bahkan dapat menahan tamparan yang dilayangkan padanya. Tidak hanya itu, berbagai gerakan refleks yang dapat dilakukan membuatnya terlihat sangat mirip dengan manusia.

Gerakan pada Repliee Q1 memang diambil berdasarkan gerakan manusia sebenarnya. Dengan meletakan sensor di titik-titik refleksi manusia seperti lengan, pergelangan tangan, dan telapak tangan, dapar dibuat model gerakan yang diprogram pada robot.

Untuk melakukan gerakan yang halus, Repliee Q1 hanya memiliki 31 titik artikulasi di tubuh bagian atas dan dipasok energi dari sebuah kompresor.

Seperti dilansir BBC, sebelumnya Profesor Ishiguro sempat mengembangkan robot lain yang diberinama Repliee R1. Namun bedanya robot ini berbentuk bocah wanita yang berusia sekitar lima tahun. (red/mikha)***


0 Responses to “Repliee Q1, Wanita Robot Yang Bisa Bernapas”

Leave a Reply

      Convert to boldConvert to italicConvert to link

 


    Image hosting by Photobucket
    • Indra KH
    • Content Dev, IT Documentation
    • Bandung, Jawa Barat, Indonesia
    • My Profile!
    • Chat with Indra KH

Previous posts

ARCHIVES

BLOGROLL

LINKS

BREAKFAST

Google



    cybermq


blog-indonesia

Indonesian Muslim 

Blogger

karyacipta





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x


"Hit
Online College Degree